KATA PENGANTAR
Puji syukur penyusun
panjatkan ke hadirat Tuhan yang Maha Esa, karena berkat rahmat-Nya saya bisa
menyelesaikan tugas saya yang berjudul Microsoft Word. Kami mengucapkan
terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam segala aspek,
sehingga tugas ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Tugas ini masih jauh
dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat
kami harapkan demi sempurnanya tugas ini. Semoga
tugas ini memberikan informasi bagi Maha Siswa dan
bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi
kita semua.
Batam, 04 Januari 2015
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR.......................................................................................................................1
DAFTAR
ISI......................................................................................................................................2
BAB I
.................................................................................................................................................3
PENDAHULUAN..............................................................................................................................3
A.
LATAR
BELAKANG...............................................................................................3
B. TUJUAN......................................................................................................................3
C.
MANFAAT..................................................................................................................3
BAB
II.................................................................................................................................................4
PEMBAHASAN.................................................................................................................................4
A.
SEJARAH MICROSOFT OFFICE.........................................................................4
B.
PENGERTIAN MICROSOFT WORD....................................................................5
C.
FUNGSI-FUNGSI MENU BAR PADA MICROSOFT WORD............................9
D.
FUNGSI TOMBOL KEYBOARD
KOMPUTER.................................................14
E.
MEMULAI MENGOPERASIKAN MICROSOFT WORD................................17
BAB III.............................................................................................................................................23
PENUTUP........................................................................................................................................23
A.
KESIMPULAN........................................................................................................23
B.
SARAN.....................................................................................................................23
DAFTAR
PUSTAKA......................................................................................................................24
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Pada saat ini kemajuan
teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat
keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia,
yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak lansung
manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi
kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi microsoft office, aplikasi ini sangat
membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi.
Salah satu bagian dari microsoft office adalah mincrosoft office
word.
B. TUJUAN
Setelah
membaca makalah ini, pembaca diharapkan untuk dapat :
1.
Memehami cara memulai,
menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak microsoft office word.
2.
Mengoperasikan fungsi
menu-menu microsoft office word.
3.
Mengoperasikan perintah
cetak pada microsoft office word.
4.
Mampu menggunakan /
mengaplikasikan penggunaan microsoft office word dalam kehidupan sehari-hari.
C. MANFAAT
Setelah mempelajari makalah ini, diharapkan
untuk dapat :
1.
Memahami cara
mengoperasikan.
2.
Mengoperasikan fungsi
menu-menu yang ada.
3.
Menggunakan fungsi mencetak
hasil pengolahan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
SEJARAH
MICROSOFT OFFICE
Sejarah Microsoft Office
dan perkembangannya dari tahun ke tahun memang perlu kita ketahui, agar kita
juga tidak ketinggalan versi-versi terbarunya. Karena tidak bisa dipungkiri
lagi, dizaman sekarang keseharian hidup kita dalam hal pekerjaan “
misalnya “ tidak lepas dari Aplikasi perkantoran ini, seperti halnya untuk
membuat surat, menginput data karyawan, membuat karya ilmiah dan lan
sebagainya, semua itu kita bisa memanfaatkan Microsoft Office. Jadi, alangkah
baiknya kita mengenal lebih jauh tentang sejarah Microsoft Office dan
perkembangannya hingga sampai saat ini. Dalam perjalanannya, sejarah
Microsoft Office banyak mengalami perubahan dan penambahan fasilitas dari tahun
pertama kali diperkenalkannya yaitu tahun 1989. Dan untuk mengenal lebih jauh
serta mengikuti perkembangannya, berikut awalmula.com kutipan dari berbagai
sumber sejarah dan perkembangan Microsoft Office.
Sejarah Microsoft Office
sesuai dengan namanya, software ini di produksi oleh perusahaan raksasa bernama
Microsoft. Microsoft Office pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989.
Pada tanggal 30 Agustus
1992, Microsoft meluncurkan Microsoft Office versi 3.0. Pada versi
tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata,
Microsoft Exel sebagai pengolah angka, Microsoft Power Point
digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft Mail digunakan
untuk menerima dan mengirim email.
Setelah populer
dengan Microsoft Office versi 3.0, pada tahun 1995-an Microsoft
kembali meluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan waktu itu Microsoft
meluncurkan sistem operasi Microsoft Windows 95. Pada sistem operasi
ini Microsoft merombak total windows versi 3.1 dan windows 3.11 for workgroup,
perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operasi PC saat itu.
Sejalan perkembangan sistem operasi windows, Microsoft Office sendiri terus
berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh
sebagian besar masyarakat komputer didunia termasuk indonesia.
Sampai pada tahun 2000-an
microsoft telah meluncurkan bebrapa versi microsoft office dan sampai saat
ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa
versi dari microsoft office yang masih banyak digunakan saat ini antar lain
microsft iffice 2000 microsoft office XP (2002), dan microsoft office 2007.
Pada kenyataannya sampai
saat ini masih banyak kemampuan microsoft office 2003 maish belum tersentuh
oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi dan sisitem
operasi yang juga terus berkembang , maka diluar dugaan microsoft kembali
meluncurkan microsoft office 2007 bersaam dengan windows vista.
B.
PENGERTIAN
MICROSOFT WORD
1.
Microsoft offfice 3,0.
Ternyata yang pertama dirilis adalah versi 3.0. pada versi inihanya tersedsia
untuk OS windows.
2.
Microsoft office 4.0
dirilis pada tahun 1994, berisi word 6.0, Exel 5.0,powerpoint 4.0,
Mail dan Access.
3.
Microsoft office 4.3. seri
ini merukan seri dengan 16 bit terakhir dan juga versi terakhir yang
mendukung windows 3.x. windows NT 3.1 dan windows NT 3.5.
4.
Microsoft office 95 atau
juga dikenal dengan versi 7.0. vers ini menggunakan 32 bit agar cocok dengan
windows 95 profesional. Yang versi standar terdiri dari word 7.0 dan Exel 7.0,
powerpoint 7.0 dan schedule +7.0. versi profesional terdiri dari semua yang ada
di standar ditambah dengan access 7.0.
5.
Microsoft office 97.
(office 8.0), versi ini dirilis dengan banyak fitur dan perkembangan dibanding
versi sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang
baru dimana menu dan toolbar di buat lebih mirip dengan visual designya. Office
97 juga memiliki fitur natural language sistem dan sophisticated grammar
chekking. ini versi yang pertam kalinya menggunakan office assistant.
6.
Microsoft office 2000
(offfice 9.0) pada versi ini banyak opsi-opsi desembunyikan. Tentunya opsi
tersebut juga penting, tetapi kecl penggunaannya oleh orang awam.jika ingin
digunakan opsi ini dapat dimunculkan. Salah satunya adalah macro.
Mengapadisembunyikan ?. karna dapat menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah
persi terakhir yang dapat dijalankan di windows 95. Pada versi ini juga tidak
ada pruduct activation. Enak kan ? produk activation mulai ada di versi
selanjutnya.
7.
Microsoft office XP. Bisa
disebut sebgai versi 10.0 atau office 2002, merupakan upgrate besar-besaran
dengan banyak perkembangan dan perubahan. Office XP mengenalkan fitur safe
mode. Memungkinkan aplikasi contohnya outlook untuk bisa booting ketika terjadi
kesalahan system, seperti registry yang corrupt, lalau adanya fitus smart tag
yang memungkinkan mengingatkan user bila ada pengetikan yang salah ejaan.
Tetapi pada office ini smart tag hanya bisa digunakan di word dan Excel. Office
Xp juga terintegrasi dengan perintah suara dan pendiktean kata, seperti sebaik
mungkin seperti tukisan tangan.di pruduct ini ada juga product activation.
Office Xp mendukung windows 98, ME< NT 4.0. office Xp juga dikenal sebagai
yang pertama untuk versi office yang bisa berjalan baik di OS vista.
8.
Microsoft office 2003
(office 11.0) sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur
logo baru. Dua aplikasi juga ada yaitu, microsoft infopatch dan onenote. Ini
versi yang pertama kalinya menggunakan gaya windows XP beserta Iconnya. Outlook
2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti cerberos authentication,
RPC over HTTP, dan Cached Exchange mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk
mail yang telah digunakan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung
windows 2000. Versi ini juga versi yang paling banyakdipakai di indonesia
terutama untuk rental dan warnet dalam kurun waktu terkhir 2009.
9.
Microsoft office 2007.
(office 12.0) versi ini dirilis tahun 2007. Memiliki fitur baru. Juga ada
groove, sebuah aplikasi kolaborasi. Office 2007 memiliki desighn tampilan baru
yang bernama fluen user interface. Lalu ada Ribbon UI sebagai pengganti menu
dan toolbar. Untuk menginstallnya membutuhkan minimal windows XP Sp2. Pada
tahun 2009 office ini sudah banyak dipakai sekarang dan mulai menggeser kedudukan
office 2003. Indonesia memang agak lambat dalam menyesuaikan perkembangan
teknologi.
10. Microsoft
office 2010.(office 14.0)untuk sekarang sedang dalam perkembangan. Kemungkinan
dirilis adalah pada tahun 2010. Versi 13.0 dilewati karna adanya tahayul terhadap
nomor 13.
Microsoft word atau
microsoft office word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor)
andalan microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama multi-tool word
untuk Xenix, versi-versi lain juga dikembangkan untuk berbagai sistem operasi,
misalnya DOS (1983), apple macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan microsoft
windows (1989). Setelah menjadi bagian dari microsoft office sistem 2003 dan
2007 diberi nama microsoft office word.
Banayak ide konsep word
diambil dari bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di
Xerox Palo Alto Research center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi,
meninggalkan Xeros PARC dan beralih ke microsoft pad 1981. Simonyi juga
menggaet Richard Brodie dar PARC pad 1 februari 1983, perkembangan multi tool
dimulai.
Setelah diberi nama baru
microsoft word, microsoft menerbitkan program ini pada t25 oktober 1983 untuk
IBM PC. Saat tiu dunia pengelolah kata dikuasai oleh wordperfect dan juga
wordstar . word memiliki konsep “what you see is what you get”. Atau WYSIWYG,
dan merupak program pertama yang dapat menghasilkan cetak tebal dan cetak
miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak
lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis
DOS lain, seperti wordstar dan wordperfect, menampilkan hanya teks dengan kode
markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring dan
sebagainya. Word untuk macintosh, meski memiliki banyak tampilan dari versi DOS
nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dengan kode sumber
versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser,
meskipun belum ada program seperti itu yang beredar di publik. Setelah Lissa
write dan Marcwrite, microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG
kedalam program word for macintosh. Setelah Word for macintosh dirilis pada
tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari
masyarakat pengguna komputer. Microsft tidak membuat vesi 2,0 for macintosh, untuk
menyamakan versi dengan word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari word
for macintosh, adalah word 3,0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini
mencangkup bnyak peningkatan dan fitur baru dan memiliki banyak bug. Dalam
hanya beberapa bulan, microsoft mengganti word 3,0 dengan word 3,01 yag jauh
lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari word 3,0 dikirimi surat yang berisi
salinan word 3,01 secara gratis, sehingga menjadikan ini kesalahan microsft
paling mahal untuk di tebus pada waktu itu. Word 4,0 yang dirilis pada tahun
1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil degunakan.
Pada rentang tahun ini,
word for windows diluncurkan. Versi pertama dari word for windor dirilis pada
tahun 1989 dengan harga 500 dollar amerika serikat. Dengan dirilisnya microsoft
windos 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik,
mengingat word for windows 1.0 didesain untuk windows 3.0 dan performanya
sangat uruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga
merilis word 2.0 untuk mengukuhkan microsoft word sebagai pemimpin pasar
pengolah kata.
C. FUNGSI-FUNGSI MENU BAR PADA MICROSOFT WORD
C. FUNGSI-FUNGSI MENU BAR PADA MICROSOFT WORD
1.
Menu
file, sub menu file
Ø New : membuka document baru yang masih kosong
Ø Open: membyuka file document yang telah
disimpan
Ø Close: menutup document
Ø Save : menyimpan document
ke media penyimpanan
Ø Save As : menyimpan
document ke media penyimpanan dengan format lain
Ø Save As web Page :
menyimpan dalam format file web page
Ø Seacrh : mencari teks
tertentu dari suatu file
Ø Versisons : untuk
mengetahui versi Ms. Word
Ø Web page priview :
melihat tampilan dokumen dalam format web page
Ø Page setup : mengatur
tampilan halaman yang akan di cetak
Ø Print priview :melihat
tampilan dari dokumen yag akan di cetak
Ø Print :
mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
Ø Send to
:mengirim document melalui E-mail
Ø Propertise
:mengetahui beberapa keterangan mengenai dokument.
Ø Exit : menutup program Ms.
Word
2. Menu edit,
sub menu edit
Ø Undo : membatalkan perintah
yang telah dilakukan
Ø Redo :
mengulangi perintah yang telah dilakukan
Ø Cut :
menghapus/memindahkan teks atau objec ke clipboard
Ø Copy : menyalin teks atau
objek yang dipilih ke clipboard
Ø Office clipboard :
membuka isi clipboard
Ø Paste: menempatkan
objek/ teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
Ø Paste special : menempatkan
obek/teks pada clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang
berbeda
Ø Paste hyperlink :
menempatkan teks sebagai hyperlink
Ø Clear : menghapus semua
data (All), format data (formats), komentar (comment), isi data (content), yang
ada pada lembar kerja
Ø Select All: memblok
semua isi document
Ø Find : mencari kata
dari document yang aktif
Ø Replace : mencari dan
mengganti kata tertentu dari dokument yang sedang aktif
Ø Go to : menujju ke
halaman
Ø Links : mengubah sumber
link objek pada document yang aktif
Ø Object : mengedit object
yang bukan berasal dari document word
3. Menu
view, sub menu view
Ø Normal : menhubah tampilan
layar ke bentuk normal
Ø Web layout : mengubah
tampilan layar dalam bentuk web view
Ø Print layout
:mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print preview
Ø Outline : mengubah tampilan
layar ke bentuk out line view
Ø Task pane : menampilkan /
menyembunyikan bantuan task pane di layar
Ø Toolbars : menampilkan dan
menyembunyikan toolbar
Ø Ruler : menampilkan /
menyembunyikan mistar/garis pengatur
Ø Show paragraph marks :
menampilkan simbol paragraph
Ø Gridlines : menmpilkan
tanda garis pada lembar kerja
Ø Document map :
menmpilkan dokumen dengan disertai peta gambar
Ø Header
footer : membuat dan menghapus judul atas dan bawah di document
Ø Markup : menampilkan
toolbar markup
Ø Fullscreen :
menampilkan document dalam satu layar penuh
Ø Zoom : menentukan
ukuran tampilan lembar kerja pada layar
4. Menu
insert, sub menu insert
Ø Break : menentukan
jenis perpindahan halaman
Ø Page number :
Memberi nomor halaman
Ø date and time :
menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
Ø autotext :menyisipkan kata
Ø field : menyisipkan
field
Ø symbol : menhyisipkan
simbol ke dalam teks
Ø comment : mnyisipkan
komentar
Ø reference :
menyisipkan footnote, caption, cross reference
Ø web component :
menyisipkan komponen dari web
Ø pictur :
menyisipkan gambar
Ø diagram : menyisipkan
diagram
Ø text box :
menyisipkan teks / atau gambar yang berada dalam kotak tertentu
ke dalam dokumen aktif
Ø file : menampilkan toolbar
markup
Ø object : menyisipkan
objek ke dalam dokument
Ø bookmark : menyisipkan
tanda pada suatu teks, file, atau dokumen (HTML)
5. Menu
format, sub menu format
Ø Font : memilih jenis, gaya,
ukuran dan efek huruf yang diinginkan
Ø Paragraph : menentukan
identitas, spasi, pemotongan baris,dan halaman dokumen aktif
Ø Bullets and numbering
: menyisipkan bullet dan nomer pada teks yang dipilih
Ø Borders and shading :
memberikan bingkai pada arsiran
Ø Columns :
membuat dokumen menjadi beberapa kolom
Ø Tabs : menentukan
batas tabulasi di dalam dokument
Ø Drop
cap : memformat teks menjadi huruf yang berukuran lebih besar dari awal
paragraph
Ø Text direction
: mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang di ketik
Ø Change case :
mengatur teks yang di sorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya
Ø Fit text : mengatur
jarak antar huruf dan kalimat
Ø Background : memberi warna
latar belakag pada dokument
Ø Theme : mengatur
format tampilan theme yang digunakan pada halaman web
Ø Frames : membantu
tabel daftar isi dengan menggunkan heading dari dokument dan menempatkannya di
sebelah kiri frame
Ø Autoformat : mengubah
format yang disediakan word menjasi format dokumen baru
Ø Style and formating :
mengubah style dan format
Ø Reveal formating :
menampilkan teks pane reveal formatting yang berfungsi untuk menentukan format
suatu teks
Ø Object : memformat suatu
object
6.
Menu
tools, sub menu tools
Ø Spelling and grammar
: menjalankanpemeriksaan ejaan dan tatabahsa dari teks atau paragraf dalam
suatu dokumen
Ø Language :
menjalangkan pasilitas penerjemah bahasa
Ø Word count : memberikan
data statistik tentang jumlah halaman, kata, karakter, paragraf dan baris yang
terdapat dalam dokumet aktif
Ø Speech : mengubah
pembicaraan melalui microfon menjadi teks atau sebaliknya
Ø Track changes : menandai
teks yang baru diubah sisihnya
Ø Compare and marge
documents : membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dengan dokumen
lainnya
Ø Protect
document : melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokument
Ø Online collaboration
: menggandakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet
Ø Letters and mailings
: memuat surat melalui fasilitas wizard
Ø Macro : membuat dan
menghapus macro sendiri
Ø Template dan add_ins
: mengatur tampilan template
Ø Autocorrect option :
memperbaiki teks secara otomatis
Ø Costumize : menata toolbar,
menambahkan perintah baru, membuat menu dari toolbar sesuai keinginan
Ø Options : membantu menjawab
sevekas tabulasi , yaitu view, edit, print, save, user, information,
compability, file locations, security, spelling dan grammar dan track changes
7. Menu
table, sub menu table
Ø Draw table : menampilkan
toolbar tables dan borders untuk membuat gammbar tables
Ø Insert : menyisipkan
tables, baris, sel dan kolom
Ø Delete : menghapus
tabl;es, baris, sel, dan kolom
Ø merge cells
:menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
Ø split cell : memecah sel
menjadi beberapa sel
Ø spilt tables : memecah
table menjadi beberapa table
Ø table autoformat :
memformat table dengan format yang telah disediakan Ms. Word
Ø autofot :
menentukanpenyesuaian judul windows kolom secara otomatis
Ø heading rows repeat :
mengulang baris judul
Ø convert :
mengkorversi teks menjadi table, atau sebaliknya
Ø sort :
mengurutkandata ata teks
Ø formula : menggunakan
rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
Ø hide gridines : menampilkan
atau menyembunyikan garis bantu pada table
Ø table propertise :
menampilkan kotak dialog table propertise
8. Menu
window, sub menu window
Ø New window : menampilkan
dokument yang sama dalam jendela yang beda
Ø Arrange all : mengatur
letak dan bentuk jendela dokument yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen
yang aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
Ø Split : membagi
dokumen yang katif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian tang berbeda
dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
9. Menu
help, sub menu help
Ø Microsoft word help :
menampilakan menu help word
Ø Show the office
assistant : menyembunyikan atau menampilkan office assistent
Ø Office on the web :
menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office
melalui internet
Ø Activate product
:mendeteksi aplikasi word
Ø Detect and repair :
mendeteksi dan memperbaiki program word
Ø About Ms. Word
:menampilkan kotak dialog tentang Ms. Word yang digunakan
D. FUNGSI TOMBOL KEYBOARD KOMPUTER
D. FUNGSI TOMBOL KEYBOARD KOMPUTER
Ctrl
+
A :
select All
Ctrl
+
B :
bold
Ctrl
+ C :
copy
Ctrl
+D :
font
Ctrl
+ E : rata tengah
Ctrl
+ F : find
Ctrl
+ G :
Go to
Ctrl
+
H :
replace
Ctrl
+ I :
teks miring
Ctrl
+ J :
justify alighment
Ctrl
+
K :
insert hyperlink
Ctrl
+ L :
rata kanan
Ctrl
+ M :
hanging ident
Ctrl
+
N :
new
Ctrl
+ O :
open
Ctrl
+
P :
print
Ctrl
+ Q :
normal style
Ctrl
+R : rata kiri
Ctrl
+ S :
save/ save as
Ctrl
+
T :
left ident
Ctrl
+
U :
underline
Ctrl
+
V :
paste
Ctrl
+ W :
close
Ctrl
+ X :
cut
Ctrl
+
Y :
redo
Ctrl
+ Z :
undo
Ctrl
+1 : singgle spacing
Ctrl
+
2 :
double spacing
Ctrl
+
5 :
1,5 lines
Ctrl
+ esc :
star menu
F1 :
menjalankan fungsi pertolongan yang disediakan Ms.Word
F2 :
memindahkan teks atau objek yang dipilih
F3 :
menjalankan perintah autotext
F4 :
megulangi perintah sebelumnya
F5 :
menjalankan perintah find
F6 :
menjalankan perintah other pane
F7 :
memeriksa kesalahan ketik dan ejaan teks
F8 :
awal perintah penyorotan /pemilohan teks atau objel
F9 :
mengupdate field
F10 :
mengaktifkan menu
F11 :
memasukkan field berikutnya
F12 :
mengaktifkan dialog save as
Esc :
membatalkan dialog /perintah
Enter :
melaksanakan pilihan atau engakhiri suatu paragraf
Tab :
Memindahkan teks sesuai dengan tanda tab yang ada pada
ruler : horizontal.
Windows :
Mengaktifkan menu start.
Shortcut : Mengaktifkan shortcut pada posisi
kursor.
Delete :
Menghapus 1 karakter di sebelah kanan kursor.
Backspace :
Menghapus 1 karakter di sebelah kiri kursor.
Insert :
Menyisip karakter di posisi kursor.
Home :
Memindahkan posisi kursor ke awal baris.
End :
Memindahkan posisi kursor ke akhir baris.
Page
Up :
Menggulung layar ke atas.
Page
Down :
Menggulung layar ke bawah.
Up :
Memindahakan kursor 1 baris ke atas.
Down :
Memindahkan kursor 1 baris ke bawah.
Left :
Memindahkan kursor 1 karakter ke kiri.
Right :
Memindahkan kursor 1 karakter ke kanan.
Num
Lock On : Fungsi pengetikan angka-angka dan operator matematik aktif.
Num
Lock Off : Fungsi tombol navigasi aktif.
Shift
+ F10 : Membuka menu
pintas, sama seperti mengklik kanan.
Alt :
Penekanan tombol yang tidak dikombinasikan dengan tombol
lain hanya berfungsi untuk mengaktifkan atau memulai
penggunaan menu bar.
Shift
+ Delete : Menghapus item yang dipilih
secara permanen tanpa menempatkan item dalam Recyle Bin.
Ctrl
+ Right Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal kata berikutnya.
Ctrl
+ Left Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal kata
sebelumnya.
Ctrl
+ Down Arrow : Memindahkan titik penyisipan ke awal paragraf
berikutnya.
Ctrl
+ Up Arrow : Memindahkan
titik penyisipan ke awal paragraf sebelumnya.
Alt
+
F4 :
Menutup item aktif, atau keluar dari program aktif.
Alt
+ Enter :
Menampilkan properti dari objek yang dipilih.
Alt
+ spacebar : Buka menu shortcut
untuk jendela aktif.
Ctrl
+
F4 :
Close dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan anda untuk memiliki
beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaan.
Alt
+
Tab :
Switch antara item yang terbuka.
Alt
+
Esc :
Cycle melalui item dalam urutan yang mereka telah dibuka.
Ctrl + Shift + Tab :
Bergerak mundur melalui tab
Shift +
Tab :
Bergerak Mundur melalui pilihan.
E.
MEMULAI
MENGOPERASIKAN MICROSOFT WORD
Membuka Microsoft
word
Untuk membuka Microsoft
Word, ada beberapa cara, diantaranya adalah :
1.
Klik tombol Start yang ada
di taskbar.
2.
Pilih menu program.
3.
Kemudian pilih dan dan klik
program aplikasi Microsoft Word. Tunggu sampai jendela program Microsoft Word
ditampilkan.
Membuat dokumen baru
Jika kita baru memulai
mengoperasika Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong
yang siap untuk ditulisi. Namun, jika computer tidak secara otomatis
menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam
membuat dokumen baru.
1.
Pada jendela Microsoft Word
, pilih menu File, klik tombol New, kemudian klik tombol General.
2.
Double klik pada icon Blank
Document untuk membuat dokumen baru.
3.
Jendela siap untuk
digunakan pengetikan.
Atau bisa juga menggunakan
alternatif lain :
1.
Klik tombol new document
yang ada pada baris menu.
2.
Pada jendela program
Microsoft Word, dapat kita pilih menu File | New, maka setelah kita memilih
Blank Document, dokumen kosong akan ditampilkan pada layar computer anda.
3.
Selain kedua alternatif
diatas, bis ajuga dengan langsung menekan tombol Ctrl + N, maka dokumen baru
akan ditampilkan dilayar.
Mengetik Dokumen
Baru
pada saat memulai program
aplikasi Microsoft Word, secara otomatis, dokumen baru yang masih kosong yang
diberi nama dokumen1 akan ditampilkan dan siap digunakan. Setiap mengetik teks,
teks yang anda ketik akan muncul diposisi kursor dan kursor akan bergeser ke
kanan. Anda dapat memindahkan kursor dengan keyboard atau mouse. Jika teks yang
sedang anda ketik mencapai akhir dari baris, maka teks tersebut akan dilipat
dan kursor secara otomatis panda ke awal baris berikutnya. Bila perlu tekan tombol
enter untuk memindahkan titik sisip ke baris berikutnya, hanya jika anda ingin
memulai pengetikan di baris baru sebelum mencapai batas kanan, membuat baris
kosong atau memulai paragraph baru.
Microsoft Word
mendefinisikan sebuah paragraf sebagai sejumlah karakter, kata, atau kalimat
yang diakhiri dengan tanda paragraph. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu
anda menekan tombol Enter. Tanda paragaraf ini penting untuk mengetahui di mana
suatu paragraf dimulai dan berakhir pada dokumen anda. Dalam keadaan
defaultnya, tanda paragraf ini tidak ditampilkan.
Mengedit Teks
Jika anda membuat
kesalahan selama proses pengetikan, anda dapat memperbaikinya dengan
berbagai cara berikut ini :
1.
Tekan tombol Backspace
untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
2.
Tekan tombol Delete untuk
menghapus karakter di kanan titik sisip.
3.
Untuk melakukan pengulangan
dari teks yang baru anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl + Y).
4.
Untuk menghapus teks yang
baru saja anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo, Typing (Ctrl +Z) atau
klik tombol undo pada toolbar Standard.
5.
Untuk pindah ke baris baru
tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraph, tekan tombol Shift + Enter.
Meng-Copy
/ Menyalin Teks
Untuk menyalin teks yang
anda pilih kelokasi lain, ikuti langkah berikut ini :
1.
Pilih teks yang akan anda
salin.
2.
Kemudian pilih dan klik
menu Edit, Copy (Ctrl +C).
3.
Tempatkan titik
sisip di lokasi baru.
4.
Kemudian pilih dan klik
menu Edit, Paste (Ctrl +V).
Men- Delete / Menghapus
Teks
Untuk menghapus teks yang
telah anda pilih, ikuti langkah berikut ini :
1.
Pilih teks yang akan anda
hapus.
2.
Kemudian pilih dan klik
menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.
Meng-Cut-Paste /
Memindahkan Teks
Untuk
memindahkan teks yang anda pilih dilokasi yang baru, ikuti langkah
berikut ini :
1.
Pilih teks yang akan anda
pindahkan.
2.
Kemudian pilih dan klik
menu Edit, Cut (Ctrl + X).
3.
Tempatkan titik sisip pada
lokasi baru.
4.
Kemudian pilih dan klik
menu Edit, Paste (Ctrl + V).
Format Teks
1.
Pilih atau
sosrot teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai
yang anda inginkan.
2.
Tempatkan titik sisip pada
posisi awal pengetikan teks, atur formatnya, kemudian ketik teks yang anda
inginkan.
Dengan cara ini, semua teks
yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang anda
pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau memindahkan
posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
Mengubah Jenis dan Bentuk
Huruf (Font)
Setiap jenis dan bentuk
huruf (font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier, dan lain-lain. Untuk
mengubah font dari teks yang sebelumnya adalah :
1.
Pilih atau sorot teks yang
akan anda ubah fontnya.
2.
Pilih dan klik font yang
anda inginkan pada tombol daftar pilihan font yang terdapat pada baris toolbar
Formatting atau tekan Ctrl + Shif + F.
Mengubah Ukuran Huruf (Font
Size)
Semua teks yang anda
ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank
document akan memakai pilihan Default Font Times New Roman dengan ukuran huruf
10 point. Untuk mengubah ukuran huruf ( Font Size) dari teks yang sebelumnya
anda ketik, ikuti langkah berikut ini :
1.
Pilih atau sorot
teks yang akan anda ubah ukurannya.
2.
Pilih dan klik ukuran yang
anda inginkan pada tombol daftar pilihan font size yang terdapat pada baris
toolbar formatting atau teka tombol Ctrl + Shift + P.
Mengatur Format Paragraph
Dalam Mifcrosoft
Word, paragraph adalah segala sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombol
Enter. Paragraph mungkin berupa judul laporan, bagian suatu daftar, baris
kosong diantara dua paragraph, sekumpulan teks atau kalimat yang
mempunyai satu pemikiran. Anda dapat mengatur format paragraph
dengan menngunakan salah satu cara berikut ini :
1.
Pilih paragraph yang akan
anda format , kemudian atur formatnya sesuai dengan keinginan anda.
2.
Tempatkan pada titik sisip
pada posisi awal pengetikan paragraph atau formatnya, kemudian ketik
paragraph yang anda inginkan. Dengan cara ini, semua paragraph yang
akan anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang anda
pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau memindahkan posisi titik
sisip ke bagian lain pada dokumen.
Mencetak dokumen
Apabila anda ingin mencetak
dokumen anda, dokumen tersebut harus sudah diaktifkan atau ditampilkan dilayar.
Untuk mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti langkah berikut ini :
1.
Pilih dan klik menu File,
Print (Ctrl + P). kotak dialog print akan ditampilkan.
2.
Pada tombol daftar pilihan
nama, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.
3.
Anda dapat tentukan halaman
yang akan anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan dan pengisian
pada kotak Page Range.
4.
Klik tombol pilihan All,
jika anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
5.
Klik tombol pilihan
selection, bila anda ingin mencetak teks yang dipilih.
3.
Apabila anda ingin mencetak
dokumen tersebut lebih dari satu kali, isilah kotak isian Number Of Copies
dengan jumlah salinan yang anda inginkan.
4.
Pada tombol daftar pilihan
print what, pilih dokumen bila ingin mencetak isi dokumen.
5.
Tentukan halaman yang akan
dicetak pada tombol pilihan print.
6.
All pages in range, bila
anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman genap.
7.
Odd Pages, jika anda ingin
mencetak halaman ganjil saja.
8.
Even Pages.
6.
Klik Ok.
Menyimpan Dokumen
1.
Segera setelah memulai
pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini dimaksud untu menjaga
kemungkinan kehilangan dokumen.
2.
Pada jendela Microsoft
Word, pilih menu file, klik tombol Save.
3.
Pada layar akan ditampilkan
kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klik save. Lakukan
penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan
computer padam secara mendadak.
Membuka File Yang Sudah
Tersimpan
1.
Klik menu file dan klik
tombol open, maka akan tampil kotak dialog open.
2.
Pilih file yang ingin
dibuka dengan menentuka letak foldernya terlebih dahulu.
3.
Klik pada nama file yang
akan dibuka.
4.
Klik tombol open, maka file
yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
Menutup
File Dokumen
1.
Setelah menyimpan file
dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft Word , pilih menu file,
klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang
sedang aktif.
2.
Atau bisa dilakukan dengan
menekan tombol close pada baris menu.
Menutup Jendela Microsoft
Word
Setelah seluruh kegiatan
pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat
mengakhiri operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita
memastikanbahwasannya dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka
simpanlah dokumen yang telah anda ketik dan edit terlebih dahulu,
baru kemudian keluar dari Microsoft Word.
1.
Pada jendela Microsoft
Word, pilih menu file, klik exit, maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
2.
Pastikan bahwa dokumen yang
telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.
3.
Selain dengan menu file,
menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan menklik tombol X
yang terletak dipokok kanan atas dari jendela Microsoft Word.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
1.
Di era globalisasi ini
sangat di perlukan khususnya bagi pelajar untuk menguasai ilmu computer seperti
Ms. Office (Word, Exeel dan Power Point).
2.
Para siswa minimal harus
tahu cara mengoprasikan computer terutama Ms. Word.
3.
Ms. Word sebagai salah satu
ilmu computer yang paling banyak dioprasikan diseluruh dunia.
B. SARAN
Perkembangan dunia di era globalisasi
ini memang banyak menuntut perubahan ke system pendidikan nasional yang lebih baik
serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satunya adalah
ilmu computer yang harus dilakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin
ketinggalan dengan Negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas
pendidikannya terlebih dahulu.
Untuk mewujudkan impian
tersebut maka penulis merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms.
Word ini sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi pembacanya.
Semoga dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengeti lagi mengenai apa itu
computer dan Ms. Word.
DAFTAR PUSTAKA
http ://tri-irawanto.blogspot.com / 2012/11/makalah-microsoft-office word.html
http ://arfanpkc.blogspot.com /
2012/11/makalah-makalah-microsoft-office.html
http ://nurhidayatdayat34.blogspot.com / 2013/01/makalah-microsoft-wordmicrosoft
4.html
http ://readdanerayhan.blogspot.com /
2011/01/21/makalah-microsoft-office-word.html
http ://tyaeducationcomputer.blogspot.com /
2008/04/makalah-microsoft-office-word.html
http
://docs.google.com / document/d/1qXurs4vr8ntgbcd9mP0czfyB5Rmikh6v82xn9fvz8ro/edit?pli=1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
KARDI